Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik

Pada routeros mikrotik terdapat package (bahasa indonesia disebut paket) atau modul yang sudah terinstall secara otomatis seperti package dhcp, hotspot, ppp, mpls, security, system dan wireless. Dengan adanya package-package tersebut memungkinkan kita bisa menggunakan semua fitur yang terdapat pada routeros mikrotik.

Namun ternyata ada juga package yang secara default belum terinstall pada routeros mikrotik, contohnya user-manager, sehingga apabila kita ingin menggunakan fitur user-manager pada router mikrotik wajib menginstall-nya terlebih dulu.

Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik


Pada tutorial kali ini saya akan membahas mengenai cara install dan uninstall package pada router mikrotik, tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya yang membahas cara enable dan disable package pada router mikrotik, sobat bisa membacanya melalui link dibawah ini.


Cara Install Package Pada Router Mikrotik

Disini saya akan menunjukkan bagaimana cara menginstall package user-manager pada router mikrotik, router mikrotik yang saya pakai adalah tipe RB951Ui-2HnD dengan versi routeros 6.38.5 (stable)

Pertama, sobat harus men-download package nya DISINI, pilih versi package yang sesuai dengan versi routeros yang ada pada router. Selain itu sobat juga harus men-download yang Extra packages jangan yang Main package.

Download package router mikrotik

Packages yang sudah di download memiliki ekstensi .zip sehingga harus di ekstrak dulu agar berbentuk folder biasa, selanjutnya upload package yang akan di install ke menu Files mikrotik dengan cara drag and drop atau menggunakan FTP Client.

Package yang berhasil di upload akan muncul pada menu Files mikrotik seperti gambar dibawah ini.

Upload package yang akan di install kedalam router

Untuk meng-install nya cukup mudah yaitu hanya dengan me-reboot router dengan cara klik menu System ~> Reboot kemudian kalau muncul kotak dialog Do you want to reboot the router? pilih saja Yes.

Package yang berhasil di install oleh router akan hilang menu Files, untuk memastikan package sudah berhasil di install atau belum sobat bisa cek dengan cara klik menu System ~> Packages apabila sudah berhasil maka akan terlihat seperti gambar dibawah.

Package yang sudah berhasil di install

Atau kalau masih belum yakin package user-manager nya sudah berhasil di install atau belum, sobat bisa mengakses IP nya via web browser dengan format http://IP_address/userman seperti ini.

Cara Install dan Uninstall Package Mikrotik

Cara Uninstall Package Pada Router Mikrotik

Apabila sebuah package pada router sudah tidak dipakai atau tidak dibutuhkan lagi sebaiknya di uninstall saja agar penggunaan resource pada router bisa berkurang. 

Untuk meng-uninstall sebuah package tentunya berbeda dengan cara meng-install package dimana kalau sobat hendak meng-install package maka harus mendownload package yang diperlukan kemudian di upload kedalam router.

Maka untuk meng-uninstall package caranya sangat mudah, klik menu System ~> Packages kemudian pilih package yang akan di uninstall (pada tutorial ini yaitu user-manager) lalu klik tombol Uninstall seperti pada gambar dibawah.

Cara uninstall package pada router mikrotik

Setelah mengklik tombol Uninstall maka akan muncul pesan scheduled for uninstall, ini berarti package tersebut sudah dijadwalkan oleh router untuk di uninstall, lakukan reboot agar package tersebut bisa di uninstall oleh router dengan cara mengetikkan perintah /system reboot pada terminal mikrotik.

Kalau router mikrotik sudah hidup lagi silahkan login kembali menggunakan winbox kemudian cek pada Package List, kalau berhasil di uninstall oleh router maka package nya akan hilang pada package list.

Baca juga :

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: