Tutorial Cara Install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04

LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) adalah kumpulan software open source yang biasa diinstall pada server untuk meng-host suatu website maupun menjalankan aplikasi berbasis web. Setiap komponen software pada LAMP memiliki fungsi tersendiri yang saling berkaitan.

Apache berfungsi sebagai web server, MySQL sebagai database management system (DBMS) sedangkan PHP bertugas untuk memproses konten secara dinamis.

Jadi, apabila sobat ingin membangun sebuah website atau aplikasi berbasis web pada sistem operasi linux. Maka, LAMP adalah komponen penting yang wajib di install, pada artikel kali ini Venturaz's Blog akan membahas tutorial bagaimana melakukan instalasi LAMP di Ubuntu 16.04 LTS.


Tutorial Cara Install LAMP Stack di Ubuntu


Install Apache2


Apache, merupakan web server yang cukup populer didunia, apache dapat dijalankan dibanyak operating system seperti Unix, BSD, Linux, Ms Windows, Novel Netware dan masih banyak lagi. Apache berguna untuk melayani dan memfungsikan sebuah situs atau website, protokol yang digunakan oleh apache adalah HTTP yaitu sebuah protocol yang berjalan pada port 80 yang digunakan untuk menghubungkan client dengan web server yang ada di Internet.

Untuk menginstall apache2 pada ubuntu caranya cukup mudah, dikarenakan apache2 sudah tersedia di repository ubuntu maka kita bisa menginstall-nya menggunakan perintah apt-get.
dodi@ubuntu:~$ sudo apt-get install apache2
Tunggu sampai proses installasi selesai, apabila sudah selesai, untuk test apakah apache2 sudah berjalan pada server atau belum silahkan buka web browser kemudian ketikkan http://localhost atau http://ip-address pada URL bar.


Apabila muncul halaman Apache2 Ubuntu Default Page seperti tampilan diatas, berarti apache2 sudah berhasil di install dan sudah running.


Install MySQL


MySQL, adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat open source dan sangat populer di dunia. Database MySQL mendukung fitur seperti multithreaded serta multi-user, MySQL sendiri merupakan DBMS (Database Management System) yang berfungsi untuk menyimpan semua data pada database dan cukup mudah digunakan.

Untuk menginstall MySQL cukup mudah, sobat hanya tinggal mengetikkan baris perintah seperti ini saja.
dodi@ubuntu:~$ sudo apt-get install mysql-server
Pada saat proses instalasi sobat akan diminta menginput password root untuk login ke MySQL, pastikan sobat mengisi kolom password dengan benar karena password ini yang nantinya akan digunakan untuk login ke MySQL.

Untuk login ke MySQL gunakan perintah berikut.
dodi@ubuntu:~$ sudo mysql -u root -p
Lalu masukkan password root yang sudah disetup sebelumnya.


Install PHP 7.0


Setelah menginstall Apache2 dan database MySQL, langkah selanjutnya adalah sobat harus menginstall PHP.

PHP, adalah komponen pada LAMP yang berfungsi sebagai pemroses kode pemrograman web untuk menampilkan konten secara dinamis. PHP bertugas mengkoneksikan skrip dengan database MySQL, mengolah data pada database MySQL kemudian menampilkannya sesuai request dari user.

Untuk menginstall PHP 7.0 pada Ubuntu 16.04 ketikkan perintah berikut pada console terminal.

dodi@ubuntu:~$ sudo apt-get install php7.0 php-pear libapache2-mod-php7.0 php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-cgi php7.0-xml

Untuk menguji apakah PHP 7.0 sudah berjalan atau belum, sobat bisa menguji nya dengan membuat halaman PHP Info di direktori /var/www/html.
dodi@ubuntu:~$ sudo nano /var/www/html/info.php
Kemudian isi dengan script berikut pada file info.php
<?php
phpinfo()
?>
Buka web browser kemudian ketikkan http://localhost/info.php atau http://ip_address/info.php pada URL bar browser, apabila PHP sudah berjalan di server sobat maka akan muncul tampilan seperti berikut.


Sampai disini konfigurasi LAMP Server pada Ubuntu 16.04 sudah selesai, dan sobat sudah bisa menaruh script web yang akan di host pada server sobat, umumnya script web bisa ditaruh di direktori /var/www/html agar bisa diakses dari public.

Sekian, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: