Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Cara install cacti server di ubuntu 16.04 LTS - Cacti adalah tool network monitoring system (NMS) open source dan berbasis web yang dirancang sebagai aplikasi front-end dari RRDTool yang berfungsi untuk menyimpan informasi kedalam database MySQL kemudian menampilkannya dalam bentuk grafik.

Dengan cacti, kita bisa memonitoring semua resource pada perangkat jaringan baik itu server, router, switch maupun perangkat network lainnya. Umumnya cacti digunakan untuk me-monitoring CPU load, memory usage dan juga penggunaan bandwidth yang ada pada jaringan.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Image source : www.pixabay.com

Cacti menggunakan protocol SNMP (simple network management protocol) untuk mengambil dan mengumpulkan informasi tersebut kemudian menyimpannya kedalam databse MySQL, setelah itu semua informasi yang sudah dikumpulkan akan ditampilkan pada web browser menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Jadi, sebelum menginstall cacti, pastikan bahwa paket LAMP (Linux, Apache, MySQL dan PHP) sudah terinstall, panduan mengenai cara installasi dan konfigurasi LAMP Stack pada Ubuntu Server 16.04 LTS sudah saya posting, sobat bisa membaca nya dengan mengklik tautan berikut.

Baca : Tutorial cara install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04

Pada tutorial tersebut saya sudah menjelaskan secara rinci panduan installasi dan juga konfigurasi LAMP Stack satu persatu. Namun, kalau sobat kebetulan adalah orang dengan typical yang gak mau ribet, jangan kuatir, karena LAMP Stack juga dapat diinstall secara bersamaan.

Prasyarat

Untuk menginstall NMS Cacti, ada beberapa package yang harus diinstall agar cacti dapat berfungsi dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut

  • LAMP Server
  • SNMP, SNMPD dan RRDTool

Tahap Installasi Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah mengetahui package apa saja yang harus diinstall, sekarang saatnya kita lanjut ke tahap installasi cacti pada linux ubuntu server 16.04 LTS.

Pertama dan yang paling utama, install paket LAMP Server, ketikkan perintah berikut diterminal untuk menginstall apache2, database mysql dan juga php.
$ sudo apt-get install apache2 mysql-server php libapache2-mod-php
Ketika proses installasi paket LAMP, sobat akan diminta untuk menginput password root untuk MySQL Server, silahkan input password sesuai dengan keinginan sobat, pastikan juga sobat tidak asal asalan ketika menginput password dikarenakan password tersebut yang akan digunakan untuk login ke MySQL.

Berikutnya install SNMP, SNMPD dan juga RRDTool, ketikkan perintah berikut.
$ sudo apt-get install snmp snmpd rrdtool
Terakhir, install cacti dan cacti-spine, ikuti perintah berikut.
$ sudo apt-get install cacti cacti-spine
Ketika proses installasi cacti, akan ada pertanyaan untuk memilih webserver apa yang akan digunakan seperti pada gambar dibawah, pilih apache2 kemudian OK untuk melanjutkan.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Apabila muncul pertanyaan berikut pilih saja Yes, dengan memilih opsi Yes maka cacti akan otomatis membuat database nya sendiri pada MySQL Server tanpa harus dikonfigurasi secara manual.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Pada kolom MySQL application password for cacti seperti gambar dibawah, isi dengan password root MySQL yang sudah sobat buat sebelumnya.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah itu akan muncul kotak dialog lagi untuk mengkonfirmasi password yang sudah diinput sebelumnya.

Proses installasi cacti sudah selesai, sebelum mengkonfigurasinya lakukan restart pada service snmpd dengan perintah berikut.
sudo /etc/init.d/snmpd restart
Buka web browser, kemudian ketikkan http://ip_address/cacti atau http://domain.com/cacti pada URL bar browser, akan muncul tampilan Cacti Installation Guide seperti gambar dibawah ini.

Klik tombol Next untuk menlanjutkan.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Secara default installation type nya akan diarahkan ke opsi New Install, dikarenakan kali ini kita ingin menginstall cacti, maka installation type nya biarkan saja, klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Pada tahap ini, cacti akan memberitahukan apakah semua package pendukung sudah terinstall dengan baik atau belum, kalau sudah klik tombol Finish.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah mengklik tombol Finish pada tahap sebelumnya, sobat akan diarahkan ke halaman login cacti, masukkan default username dan password admin/admin, setelah itu akan muncul halaman login lagi seperti dibawah ini yang mengharuskan sobat mengubah password admin nya.

Silahkan input sesuai dengan password yang diinginkan, kalau sudah klik tombol Save untuk login ke dashboard cacti.

Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04


Setup Poller Spine Pada Cacti


Setelah berhasil login ke dashboard cacti nya, sobat harus mensetup spine, apa itu spine ? Spine adalah poller alternatif untuk cacti, secara default cacti akan menggunakan cmd.php sebagai poller nya, lalu apa bedanya dengan spine ?

Baik cmd.php maupun spine adalah sama sama poller yang bisa digunakan pada NMS Cacti, yang membedakan keduanya adalah dengan spine proses polling data menjadi lebih cepet, poller spine ini ditulis menggunakan bahasa C dan ditautkan langsung kedalam library net-snmp, sehingga dengan begitu akan meminimalkan waktu proses polling data pada cacti.

Untuk men-setup nya, setelah berhasil login ke dashboard cacti, klik menu Settings kemudian klik tab Poller, kemudian pada opsi Poller Type pilih Spine, lalu klik tombol Save untuk menyimpan.

Proses Installasi dan Konfigurasi Cacti di Ubuntu Server 16.04 LTS sudah selesai, sekarang sobat sudah bisa menggunakan NMS Cacti untuk keperluan network monitoring baik itu untuk memonitor penggunaan CPU load, memory usage maupu traffic bandwidth yang ada pada jaringan sobat.

Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara memonitor sebuah host pada cacti dan juga menambahkan template host pada cacti.

Baca juga :
Cara install plugin pada Cacti

Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca :-)


Source references :
https://www.cacti.net/what_is_cacti.php
http://beni-santoso.blogspot.co.id/2008/06/menggunakan-poller-cactid-atau-spine.html


Subscribe to receive free email updates: