Tutorial Cara Install WhatsApp Desktop di Linux Ubuntu

Tutorial Cara Install WhatsApp Desktop di Linux Ubuntu - WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang diciptakan untuk Smartphone, aplikasi WhatsApp juga merupakan aplikasi cross platform yang artinya bisa dijalankan di berbagai platform mobile seperti Android, iOS, Windows Phone dan lain-lain.

Tutorial Cara Install WhatsApp Desktop di Linux Ubuntu

Selain itu, dengan aplikasi WhatsApp juga memungkinkan kita untuk bertukar pesan baik berupa teks, audio dan video tanpa dikenakan biaya sedikitpun selama kita memiliki paket data internet / koneksi wifi.

Seiring dengan jumlah pengguna WhatsApp yang terus meningkat, saat ini kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini pada perangkat desktop (PC / Laptop) yang dapat didownload di situs resmi https://www.whatsapp.com/download/. Namun paket instalasi yang tersedia hanya untuk sistem operasi MacOS dan Windows saja.

Lalu bagaimana kalau pengguna sistem operasi berbasis Linux ingin menggunakan aplikasi WhatsApp ? sebetulnya kita bisa menjalankan WhatsApp web yang dapat diakses melalui web browser dengan mengakses alamat https://web.whatsapp.com/.

Namun karena harus menggunakan web browser, tentu saja langkah ini kurang praktis, untuk itu pada kesempatan ini penulis akan membagikan tutorial cara install aplikasi WhatsApp desktop pada sistem operasi berbasis Debian, Ubuntu beserta turunannya.


Persyaratan

Untuk menginstall aplikasi WhatsApp desktop ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut :
  • OS : Debian, Ubuntu, Linuxmint, Raspbian, atau turunannya
  • Browser Google-Chrome yang sudah terinstall 
  • Aplikasi WhatsApp yang terinstall di smartphone

Perlu diketahui, untuk menginstall WhatsApp desktop ini kita memerlukan peramban Google-Chrome, untuk itu pastikan peramban Google-Chrome sudah terinstall di laptop sobat, karena kalau belum terinstall maka WhatsApp desktop ini tidak akan berhasil diinstall.

Baca juga :

Install WhatsApp webapp (WhatsApp desktop) di Ubuntu

Pertama, download terlebih dahulu paket instalasi WhatsApp webapp melalui link dibawah ini.


Apabila sudah berhasil di download, silahkan buka console terminal kemudian masuk ke direktori tempat dimana file tersebut berada, semua file yang didownload biasanya akan masuk ke direktori ~/Downloads.
$ cd Downloads
Kemudian install dengan package manager dpkg.
$ sudo dpkg -i whatsapp-webapp_1.0_all.deb
Tunggu sampai proses instalasi selesai. Apabila sudah selesai diinstall, klik tombol Dash Home kemudian ketik WhatsApp untuk menjalankan aplikasi WhatsApp via desktop.

Tutorial Cara Install WhatsApp Desktop di Linux Ubuntu

Scan QR Code yang muncul menggunakan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone.

Tutorial Cara Install WhatsApp Desktop di Linux Ubuntu

Setelah memindai kode QR, sobat akan masuk ke akun WhatsApp, setelah itu sobat sudah bisa menggunakan WhatsApp melalui desktop.

Tutorial Cara Install WhatsApp Desktop di Linux Ubuntu

Selesai, sampai disini sobat sudah bisa menggunakan WhatsApp melalui desktop layaknya menggunakan WhatsApp melalui smartphone, menarik bukan ?

Demikian tutorial singkat ini semoga dapat membantu dan bermanfaat, terimakasih.


Sumber referensi :


Subscribe to receive free email updates: