Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler

Cara disable enable user hotspot pada jam tertentu dengan scheduler - Sebelumnya saya sudah memposting tutorial yang berkaitan dengan scheduler, kali ini saya masih akan kembali membahas tutorial mengenai fitur scheduler pada router mikrotik, sesuai dengan namanya, fitur ini digunakan untuk membuat penjadwalan pada router.

Dengan adanya scheduler, kita bisa membuat penjadwalan seperti restart router otomatis, memblokir akses ke situs-situs tertentu pada jam tertentu, membuat router otomatis upgrade dan masih banyak lagi. Scheduler pada router mikrotik juga bisa kita manfaatkan untuk membuat user hotspot otomatis disable dan enable pada jam-jam yang sudah ditentukan.


Apa tujuan disable enable user hotspot dengan scheduler ? ya tentu saja agar user hotspot hanya bisa dipakai oleh user pada jam-jam tertentu saja, diluar jam itu maka user hotspot tidak akan bisa dipakai untuk mengakses internet.

Tutorial ini saya buat sebagai jawaban dari salah satu teman facebook yang menanyakan bagaimana cara disable enable user hotspot pada jam-jam tertentu ? untuk itu saya buatkan saja tutorialnya agar lebih jelas, karena kalau dijawab melalui kolom komentar facebook saya rasa kurang puas.

Kali ini kita akan belajar membuat penjadwalan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan user hotspot secara otomatis menggunakan fitur scheduler mikrotik, jadi skenarionya kurang lebih seperti ini :

Skenario ..

Dalam sebuah sekolah terdapat jaringan wifi dengan hotspot sebagai metode otentikasinya yang sebelumnya sudah disetup pada router mikrotik. Untuk dapat mengakses internet maka dibuatlah 2 user yaitu user "guru" yang dipakai oleh guru, dan juga user "siswa" yang tentu saja dipakai oleh semua siswa untuk mengakses internet.

Untuk user guru sendiri tidak ada batasan khusus yang artinya semua guru bisa menggunakan hotspot kapanpun sesuka hati, sedangkan untuk siswa ada pembatasan khusus dimana siswa hanya diijinkan menggunakan hotspot dari pukul 07:00 pagi sampai pukul 14:00 siang untuk menunjang proses belajar mengajar (anggap saja sekolahnya sudah modern dan proses belajar mengajarnya sudah online, ya namanya juga skenario).

Disable Enable User Hotspot Secara Otomatis Dengan Scheduler

Perlu diketahui, pada tutorial kali ini saya tidak akan menjelaskan cara setup hotspotnya ya, jadi saya anggap sobat sudah paham bagaimana caranya men-setup hotspot pada router mikrotik, lanjut ..

Oh ya, setiap konfigurasi yang menggunakan fitur scheduler, maka pengaturan waktu pada router harus sesuai dengan kondisi real agar konfigurasi yang kita buat dapat berjalan sesuai harapan, untuk itu lakukan pengaturan waktu pada router sebelum membuat konfigurasi yang melibatkan scheduler (hukumnya wajib).


Untuk membuat penjadwalan disable enable user hotspot secara otomatis, kita memanfaatkan fitur script dan scheduler, dimana proses disable enable user hotspot akan dieksekusi oleh script yang kita buat, dan script yang sudah dibuat tersebut akan dijalankan pada periode waktu tertentu oleh scheduler, paham ya ? 


Langkah 1 : Cek urutan user hotspot 

Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu diurutan berapa user hotspot tersebut berada, caranya klik New Terminal lalu jalankan perintah.
/ip hotspot user print
Oh ternyata user "siswa" berada diurutan 0, atau diurutan pertama (lihat gambar dibawah).

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler


Langkah 2 : Membuat script untuk disable enable user hotspot

Setelah mengetahui diurutan berapa user tersebut berada, sekarang kita buat script yang nantinya berfungsi untuk disable enable user hotspot, namun yang pertama kita buat yaitu script untuk meng-enable user hotspot terlebih dahulu.

Caranya klik menu System ~> Scripts, klik tombol add (+) berwarna biru untuk membuat script baru, lalu beri nama pada kolom Name yaitu enable-user, sedangkan pada kolom Source isi dengan script yang diinginkan.

Karena script yang dibuat ini bertugas untuk meng-enable user hotspot, maka pada kolom Source isi dengan perintah (syntax) berikut.
/ip hotspot user enable numbers=0
Klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan script (lihat gambar dibawah).

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler

Ulangi langkah diatas untuk membuat script baru yang akan bertugas untuk men-disable atau menonaktifkan user hotspot, pada kolom Name beri nama yaitu disable-user, sedangkan pada kolom Source masukkan perintah.
/ip hotspot user disable numbers=0
Simpan script dengan cara mengklik tombol Apply dan OK.

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler

Kedua script yang dibuat hasilnya akan terlihat seperti ini (lihat gambar dibawah), sebelum membuat schedulernya kita harus melakukan pengujian untuk memastikan bahwa script yang kita buat dapat berjalan dengan semestinya.

Caranya klik script disable-user lalu klik tombol Run Script, apabila user hotspot pada IP ~> Hotspot ~> Users sudah berhasil ke-disable berarti script sudah betul, silahkan ulangi lagi untuk menguji script enable-user.

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler


Langkah 3 : Membuat scheduler untuk mengeksekusi script

Langkah terakhir kita harus membuat scheduler yang akan mengeksekusi script yang telah kita buat  agar bisa dijalankan pada jam-jam tertentu secara periodik, sesuai dengan skenario, maka kita akan membuat scheduler untuk meng-enable user hotspot pada pukul 07:00 pagi dan men-disable user hotspot pada pukul 14:00 siang setiap harinya.

Klik menu System ~> Scheduler, klik tombol add (+) berwarna biru untuk membuat New Schedule.

Name : isi sesuai keinginan
Start Date : tanggal dijalankannya schedule
Start Time : waktu dijalankannya schedule
Interval : yaitu pengulangan kapan schedule ini akan dijalankan kembali
On Event : harus diisi sesuai dengan nama script yang akan dijalankan (enable-user)

Maksud dari schedule ini yaitu router akan menjadwalkan untuk menjalankan script enable-user (On Event) pada pukul 07:00:00 pagi dan dimulai pada tanggal Feb/11/2018, lalu script akan dijalankan kembali (Interval) setiap satu hari sekali (1d 00:00:00).

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah!

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler

Ulangi langkah diatas untuk membuat schedule yang akan mengeksekusi script disable-user yang akan dijalankan pada pukul 14:00:00 siang dan dimulai pada tanggal Feb/11/2018 dengan waktu pengulangan schedule (Interval) setiap satu hari sekali (1d 00:00:00)  

Ingat, On Event harus diisi sesuai dengan nama script yang akan dijalankan, apabila tidak, maka script tidak akan bisa dijalankan oleh scheduler ini.

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler

Kedua schedule yang kita buat hasilnya akan terlihat seperti ini.

Cara Disable Enable User Hotspot Pada Jam Tertentu Dengan Scheduler

Dari gambar diatas sobat bisa melihat Next Run yaitu kapan script akan dijalankan kembali.

Dengan konfigurasi diatas, kita sudah berhasil membuat user hotspot otomatis enable (aktif) pada pukul 07:00 pagi dan otomatis disable (non-aktif) pada pukul 14:00 siang dengan interval atau waktu pengulangan setiap 1 hari sekali. 


Dengan begitu maka kita sebagai Admin jaringan tidak perlu repot-repot disable enable user hotspot secara manual karena semua itu akan dihandle oleh router secara otomatis.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: