Cara Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Router Mikrotik

Cara mengatur waktu dan tanggal pada router mikrotik - Pengaturan waktu (jam) dan tanggal pada router mikrotik mutlak perlu dilakukan setelah kita selesai mengkonfigurasi router mikrotik untuk difungsikan sebagai internet gateway, ini dikarenakan ada beberapa konfigurasi pada router mikrotik yang diimplementasikan menggunakan parameter waktu (time dan schedular).

Misalnya saja, kita membuat rule untuk penjadwalan router otomatis reboot pada jam-jam yang sudah ditentukan, atau menerapkan kebijakan pada sebuah kantor dimana pada saat jam kerja akses ke website sosial media seperti facebook dan twitter diblok. Sedangkan diluar jam kerja user dapat mengakses website social media tersebut.

Cara Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Router Mikrotik

Nah, dengan begitu maka kesesuaian waktu pada router dengan waktu yang sedang berjalan sangat penting sekali, ketidaksesuaian waktu antara waktu pada router dan waktu yang sedang berjalan akan mengakibatkan setiap konfigurasi yang melibatkan parameter seperti time dan schedular tidak akan berjalan dengan semestinya.

Selain itu, setiap aktifitas yang terjadi pada router akan dicatat pada log, dimana fitur log ini tentu saja melibatkan waktu dan tanggal, sehingga apabila waktu pada router tidak sesuai dengan waktu yang saat ini sedang berjalan, kita sebagai admin jaringan akan kesulitan membaca log yang ada pada router.

Pengaturan Waktu dan Tanggal di Router Mikrotik

Secara default, waktu dan tanggal pada router mikrotik akan menunjukkan pukul 00:00:00 tanggal Jan/02/1970, agar waktu dan tanggal tersebut bisa sesuai dengan yang sedang berjalan maka kita harus mengubahnya. Namun sebelum mengubah pengaturan waktu dan tanggal, pastikan bahwa router sudah terhubung ke internet terlebih dahulu.

Klik menu System ~> Clock kemudian sesuaikan Time dengan waktu yang sedang berjalan saat ini, begitu juga dengan Date harus disesuaikan dengan tanggal yang sedang berjalan, tentukan juga Time Zone Name dan centang Time Zone Autodetect, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

Cara Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Router Mikrotik

Perlu diketahui, pengaturan tersebut hanya akan menyimpan konfigurasi waktu dan tanggal selama router dalam kondisi up (menyala), apabila router direboot maka konfigurasinya akan kembali ke semula, ini karena router mikrotik tidak dibekali dengan battery yang dapat menyimpan konfigurasi jam dan tanggal seperti halnya battery CMOS yang ada pada komputer.

Namun untuk RouterOS versi 6.17 keatas, sudah dibekali kemampuan menyimpan konfigurasi waktu dan tanggal sekalipun router dimatikan. Akan tetapi ada perbedaan selisih waktu dengan waktu yang saat ini sedang berjalan, ini karena router mikrotik akan menghitung waktu terakhir ketika router mati, lalu melanjutkannya ketika router kembali menyala.

Setting SNTP Client di Router Mikrotik

Jadi solusi yang tepat agar waktu dan tanggal pada router selalu terupdate yaitu dengan  cara mengkonfigurasi SNTP Client. Dengan adanya fitur SNTP (Simple Network Time Protocol) Client ini, memungkinkan router bertindak sebagai NTP Client yang dapat melakukan sinkronisasi waktu ke NTP Server yang ditunjuk, sehingga pengaturan waktu akan tetap terupdate.

Ada banyak NTP Server di internet yang dapat digunakan. Untuk Indonesia, sobat bisa menggunakan list NTP Server berikut.
0.id.pool.ntp.org
1.id.pool.ntp.org
2.id.pool.ntp.org
3.id.pool.ntp.org
Untuk mengaktifkan fitur SNTP Client pada router mikrotik, klik menu System ~> SNTP Client kemudian aktifkan SNTP Client dengan cara mengklik tombol Enabled, sedangkan Primary NTP Server dan juga Secondary NTP Server bisa diisi dengan alamat NTP Server yang tersedia pada list diatas.

Saya sendiri menggunakan alamat 0.id.pool.ntp.org dan 1.id.pool.ntp.org, lalu klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi.

Cara Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Router Mikrotik

Selain mengaktifkan SNTP Client, kita juga bisa memanfaatkan fitur Update Time pada IP Cloud, tujuannya yaitu agar router dapat melakukan sinkronisasi waktu secara otomatis ke server Cloud milik mikrotik, sehingga pengaturan waktu dan tanggal pada router akan selalu update.

Caranya klik menu IP ~> Cloud, lalu enbale Update Time, kalau sudah klik tombol Apply dan OK.

Cara Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Router Mikrotik

Dengan begitu, maka konfigurasi waktu dan tanggal pada router akan selalu terupdate secara otomatis ketika router terkoneksi ke internet, jadi tidak perlu repot-repot mengatur waktu dan tanggal secara manual.

Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates: