Cara Upgrade RouterOS Mikrotik Secara Otomatis Dengan Scheduler

Cara upgrade routeros mikrotik secara otomatis dengan scheduler - Beberapa waktu lalu saya sudah membuat tutorial yang membahas cara mengupgrade routeros mikrotik, baik dengan cara manual maupun dengan cara otomatis.


Yang dimaksud meng-upgrade routeros dengan cara manual disini yaitu kita mendownload terlebih dahulu package routerosnya di website mikrotik.com, lalu package yang sudah berhasil didownload tersebut kita upload ke menu files yang ada pada winbox, baik menggunakan FTP maupun dengan cara drag and drop.

Cara Upgrade RouterOS Mikrotik Secara Otomatis Dengan Scheduler

Sedangkan upgrade routeros dengan cara otomatis yang dimaksud yaitu dengan memanfaatkan fitur Check for updates yang dapat kita jumpai di menu System ~> Packages, dengan fitur tersebut maka router akan mendownload modul installer routeros yang tersedia lalu menginstalnya secara otomatis.

Nah, pada tutorial ini kita akan belajar cara menguprade routeros secara otomatis dan mengkombinasikan-nya dengan scheduler, tujuannya agar router menjalankan perintah untuk mendownload modul installer routeros lalu menginstalnya secara otomatis pada jam / waktu yang telah kita tentukan.

Skenario

Saya ingin mengupgrade versi routeros pada router (mikrotik) utama yang ada di jaringan saya, namun kendalanya router utama ini digunakan untuk melayani koneksi dari pelanggan selama 24 jam nonstop setiap harinya.

Sedangkan traffic baru akan turun diatas jam 12 malam sampai jam 6 pagi, dan saya baru bisa melakukan maintenance pada rentang waktu tersebut agar kegiatan maintenance tidak mengganggu koneksi pelanggan saya. Namun disisi lain saya harus istirahat (tidur) karena pada jam-jam tersebut memang waktunya untuk tidur 😄.

Nah disitulah fungsinya scheduler (penjadwalan), dengan memanfaatkan scheduler maka kita bisa mengupgrade routeros mikrotik sekalipun kita sedang tidur hehee.

Upgrade RouterOS Secara Otomatis Dengan Scheduler

Seperti biasa, setiap konfigurasi yang menggunakan scheduler, maka kita harus memastikan bahwa pengaturan waktu dan tanggal pada router sudah sesuai dengan keadaan real, tujuannya agar konfigurasi dapat berjalan sesuai dengan harapan.


Tutorial ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan tutorial cara me-restart router otomatis dengan scheduler yang sudah saya posting beberapa hari yang lalu. Namun pada tutorial kali ini ada sedikit penyesuaian dan penambahan konfigurasi.

Langsung saja kita masuk ke tahap konfigurasinya, klik menu System ~> Scheduler lalu klik tombol add (+) berwarna biru untuk membuat New Schedule, silahkan lihat gambar dibawah.

Cara Upgrade RouterOS Mikrotik Secara Otomatis Dengan Scheduler

Dengan mengklik tombol add (+), maka akan muncul jendela New Schedule baru seperti contoh gambar dibawah, disini ada beberapa parameter yang perlu dikonfigurasi, diantaranya yaitu :

  • Name : Auto-upgrade, merupakan nama dari schedule yang dibuat
  • Start Date : Feb/13/2018, yaitu tanggal kapan akan dijalankannya schedule ini 
  • Start Time : 02:00:00, yaitu waktu kapan akan dijalankannya schedule ini
  • On Event : /system package update download; /system reboot, yaitu perintah yang akan dijalankan oleh schedule

Lalu klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan schedule.

Cara Upgrade RouterOS Mikrotik Secara Otomatis Dengan Scheduler

Maksud dari schedule diatas yaitu, kita membuat penjadwalan agar router mikrotik bisa men-download package installer routeros dan menginstalnya secara otomatis pada tanggal Feb/13/2018 pukul 02:00:00 (jam 2 pagi).

Apabila diperhatikan pada kolom On Event terdapat 2 perintah sekaligus yang harus dijalankan oleh schedule, yaitu :
/system package update download; /system reboot
Diantara kedua perintah tersebut terdapat semicolon (;), fungsinya agar kita dapat menjalankan lebih dari satu perintah sekaligus dalam satu baris.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah, sobat bisa melihat pada kolom Next Run yaitu kapan waktu dan tanggal schedule ini akan dieksekusi oleh router, sedangkan Interval-nya 00:00:00, itu artinya tidak ada pengulangan untuk schedule yang dibuat ini karena memang pada langkah sebelumnya kita tidak menentukan intervalnya.

Kenapa begitu ? ya karena mikrotik tidak setiap saat merilis pembaruan routeros-nya.

Cara Upgrade RouterOS Mikrotik Secara Otomatis Dengan Scheduler

Demikian tutorial singkat ini, apabila ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi saya melalui kolom komentar dibawah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: