Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik

Monitoring host pada jaringan dengan tool netwatch di router mikrotik - Netwatch merupakan salah satu tool monitoring pada routeros yang bisa dipakai untuk monitoring host di dalam sebuah jaringan yang menggunakan mikrotik sebagai routernya.

Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik

Dengan netwatch, kita bisa memantau status dari host yang sedang dimonitoring, apakah statusnya dalam kondisi UP atau DOWN. Selain itu, netwatch juga bisa dikombinasikan dengan fitur email agar ketika host yang sedang dimonitoring terjadi down, maka router akan mengirimkan notifikasinya melalui email, begitupun sebaliknya ketika host yang dimonitoring sudah kembali up.

Cara Kerja Tool Netwatch

Cara kerja tool netwatch kurang lebih seperti ini, netwatch akan melakukan ping ke alamat IP / host yang dimonitoring dengan interval waktu tertentu yang sudah kita tentukan, misalnya netwatch akan melakukan ping setiap 1 menit sekali, apabila host yang dimonitoring memberikan pesan balasan berupa reply maka statusnya up, tapi kalau ping netwatch hasilnya request timeout (RTO) maka host akan dianggap down.

Secara default, netwatch hanya akan menampilkan status dari host yang sedang dimonitoring, apakah statusnya up atau down. Namun perubahan status host pada netwatch dapat kita custom sesuai keinginan, misalnya saja ketika host terindikasi down, maka router akan mengirimkan notifikikasi via email, begitu pula sebaliknya ketika host berubah status menjadi up.

Cara Konfigurasi Netwatch di Router Mikrotik

Agar router nantinya bisa mengirimkan notifikasi via email ketika terjadi perubahan status dari host yang dimonitoring, maka kita harus mengkonfigurasi email pada router mikrotik dengan cara mengklik menu Tools ~> Email lalu lakukan konfigurasi seperti ini (lihat gambar dibawah).

Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik

Saya sendiri menggunakan akun gmail untuk mengirimkan notifikasi via emailnya, penjelasan lebih lanjut mengenai konfigurasi email pada router mikrotik bisa sobat baca melalui tautan dibawah ini.


Pastikan router mikrotik sudah bisa mengirimkan email, kalau sudah kita bisa mengkonfigurasi netwatch-nya, klik menu Tools ~> Netwatch kemudian klik tombol add (+) berwarna biru untuk menambahkan host yang akan dimonitoring.

Pada tab host, lakukan konfigurasi seperti ini. 

Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik
Penjelasan dari rule netwatch diatas :
  • Host : adalah informasi alamat IP host yang akan dimonitoring
  • Interval : jangka waktu bagi router untuk mengirimkan ping ke host yang dimonitoring untuk mengecek kondisi host tersebut apakah dalam kondisi up atau down
  • Timeout : jangka waktu berapa lama host akan dianggap down, defaultnya 1000ms, apabila ping yang dikirimkan lebih dari sama dengan 1000ms, maka host akan dianggap down

Agar router mengirimkan notifikasi melalui email ketika host down, maka kita tambahkan script untuk mengirimkan email pada tab Down.
/tool e-mail send to=email_tujuan@yahoo.com subject="Access Point DOWN" body="Access Point Ruang Utama (192.168.200.20) - DOWN" start-tls=yes
Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik

Lalu klik tombol Apply, sekarang klik tab Up untuk menambahkan script kirim email otomatis ketika status host berubah menjadi up.
/tool e-mail send to=email_tujuan@yahoo.com subject="Access Point UP" body="Access Point Ruang Utama (192.168.200.20) - UP" start-tls=yes
Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik

Lalu klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan konfigurasi netwatch. 

Untuk tahap pengujian, coba putuskan koneksi ke host yang sedang dimonitoring (dalam contoh ini yaitu accesss point), perhatikan perubahan status dari up menjadi down, setelah itu silahkan koneksikan kembali host tersebut ke router, lalu cek inbox pada email untuk mengetahui apakah ada notifikasi yang masuk atau tidak.

Apabila muncul pesan notifikasi pada inbox email seperti ini, berarti konfigurasi netwatch sudah sukses dan akan mengirimkan notifikasi ketika terjadi perubahan status host pada netwatch.

Monitoring Host Pada Jaringan Dengan Tool Netwatch di Mikrotik

Conclusion

Dengan memanfaatkan tool netwatch dan email untuk monitoring host pada jaringan, maka kita sebagai Admin jaringan bisa lebih cepat tanggap ketika host yang kita monitoring mengalami malfunction seperti hang dan lain-lain.

Dengan begitu, maka kita bisa lebih cepat mengambil tindakan yang diperlukan seperti troubleshooting, agar monitoring dengan tool netwatch dapat berjalan tanpa adanya gangguan, sobat harus memastikan bahwa router utama yang dikonfigurasi dengan netwatch selalu dalam kondisi up.

Ini karena fitur netwatch hanya bertugas untuk monitoring saja, dan tidak bisa melakukan recovery apabila dirinya sendiri (router) mengalami malfunction, untuk itu router yang dijadikan netwatch monitoring sebaiknya dilengkapi juga dengan konfigurasi watchdog agar ketika router mengalami malfunction dapat melakukan restart otomatis sebagai tindakan pertama untuk recovery. 

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga :

Subscribe to receive free email updates: