Cara Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon

Cara Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon - Beberapa minggu ini saya sempat vakum menulis, dan hari ini insyaallah akan saya sempatkan waktu untuk menulis lagi, awalnya bingung mau membahas topik apa, tapi karena 2 hari yang lalu saya sempat install ulang laptop, mengganti OS lama yaitu Ubuntu ke OS atau Distro KDE Neon, dan setelah proses instalasi berhasil saya sempat terkejut karena wifi dilaptop saya tidak otomatis aktif.

Padahal KDE Neon ini merupakan salah satu distro linux turunan dari Ubuntu, berdasarkan pengalaman saya selama ini, Ubuntu (beserta turunannya) merupakan distro linux yang mudah dan instan, bahkan urusan driver wifi sekalipun sudah otomatis aktif ketika proses instalasi selesai.

Cara Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon

Disatu sisi saya sempat bingung, disisi lain saya merasa "Ah wajar, biasa saja", begitu kira-kira. 

Ini karena chipset wireless yang saya pakai yaitu Broadcom BCM43142 yang mana chipset ini bisa dibilang chipset yang tidak linux-friendly, chipset wireless ini merupakan momok bagi para pengguna GNU/Linux karena belum kompatibel dengan kernel linux.

Sehingga diperlukan usaha ekstra agar chipset ini bisa bekerja dengan baik pada operating system berbasis GNU/Linux, beberapa tahun lalu saya juga sempat menjajal distro populer dikalangan pentester yaitu Kali Linux dan menemukan masalah yang sama seperti yang baru beberapa hari ini saya alami ketika menggunakan distro KDE Neon.

Baca juga : Cara install driver wifi Broadcom BCM43142 di Kali Linux

Oke lanjut, untuk menginstall driver wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengupdate repository, upgrade system, install linux header dan build essential dan terakhir install broadcom-sta-dkms.

Tutorial Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon

Buka konsole terminal, kemudian lakukan update repository dan upgrade system KDE Neon sobat melalui konsole dengan perintah berikut.
$ sudo apt-get update && apt-get upgrade
Berikutnya install linux-headers dan juga build-essential dengan perintah berikut.
$ sudo apt-get install linux-headers-$(uname -r) build-essential
Terakhir, install broadcom-sta-dkms.
$ sudo apt-get install broadcom-sta-dkms
Agar chipset wifi sobat aktif, sobat perlu me-reboot laptop dengan perintah.
$ sudo reboot
Setelah itu sobat sudah bisa mengkoneksikan laptop ke jaringan wifi tanpa hambatan. Oh ya, proses instalasi driver wifi ini menggunakan koneksi internet untuk mendownload paket-paket yang dibutuhkan, untuk itu sobat wajib mengkoneksikan laptop terlebih dahulu ke jaringan internet melalui sambungan kabel LAN.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: