Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker

Cara Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker - Di artikel sebelumnya kita sudah mempelajari Tutorial Cara Menginstall Web Server Dasar di Docker, dimana hasil akhirnya adalah kita berhasil menginstall web server dan membukanya menggunakan web browser dengan menampilkan tulisan It Works. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan coba mempelajari bagaimana cara mengubah tampilan default web server pada docker, jadi kita bisa mengubah tampilan default web server sesuai dengan keinginan. Bagaimana caranya ? mudah kok sob, tenang aja.

Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker

Sebelum mempraktekkan bagaimana cara mengubah tampilan default web server di docker, saya akan menjabarkan teknis cara pengerjaannya terlebih dahulu. Jadi, nanti kita akan menggunakan sebuah opsi perintah di Docker yang namanya mounting a volume/mount a volume. Apa fungsinya ? fungsinya adalah untuk melakukan linking atau menghubungkan sebuah folder / file yang ada di komputer / server menuju ke kontainer Docker. Hemat saya, jadi dengan fitur ini file / folder yang ada di server / komputer asli bisa ada juga di kontainer yang diinginkan, mungkin semacam sharing file ya.

Oh ya, mount a volume ini akan dilakukan bersamaan dengan me-runnig kontainer, jadi nanti untuk command ketika me-running ada opsi tambahan yaitu " -v ", dilanjutkan dengan sharing folder / file yang ada di komputer / server ke folder tujuan di kontainer dockernya. 

Sebaiknya kita langsung praktek saja sob biar gk pusing, disini kita mulai dari tidak punya file / folder yang ingin disharing ya, jadi kita mulai dari nol (kaya slogan SPBU, mulai dari nol ya mas 😄), yang jelas pastikan kalian sudah menginstall dockernya terlebih dulu, lha kalo belum install docker gimana mau praktek, ya kan ?



Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker

Untuk mengubah tampilan default web server pada docker caranya mudah, pertama kita harus membuat sebuah direktori, nama direktori ini bebas ya sob, disesuaikan saja dengan keinginan, misalnya disini saya membuat direktori yaitu belajar-docker, setelah berhasil membuat direktori selanjutnya berpindah ke direktori tersebut.
idris@idris ~ $ sudo mkdir /home/belajar-docker && cd /home/belajar-docker/
Setelah itu buatlah file dengan nama index.html menggunakan text editor favorit kalian.
idris@idris ~ $ sudo nano index.html
Lalu isi file index.html tersebut dengan script html dibawah, bisa disesuaikan dengan yang kamu mau, contoh script html yang saya buat.
<!Doctype HTML>
<html>
<head>
<title> Belajar Docker, Virtualisasi Zaman Now !! </title>
</head>
<body>
<center><h2>Belajar Docker, Virtualisasi Zaman Now</h2>
<br/>
Yeaay akhirnya saya sukses mempelajari Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker bersama DodiVenturaz.net
</center>
</body>
</html>
Lalu simpan file tersebut dengan mengklik save.

Selanjutnya kita bisa langsung running / jalankan kontainer web servernya, sekaligus setting tampilan menjadi seperti yang telah kita buat barusan, jalankan perintah ini.
idris@idris ~ $ sudo docker run -d -v /home/belajar-docker/index.html:/usr/local/apache2/htdocs/index.html httpd
Pastikan tidak ada errornya, lalu cek apakah sudah berhasil Up atau masih Down dengan perintah berikut.
idris@idris ~ $ sudo docker ps -a
Ingat-ingat namanya ya jangan sampai lupa.

Sebelum kita test di web browser, kita lihat dulu IP Address kontainer nya, cek dengan perintah berikut.
idris@idris ~ $ sudo docker network inspect bridge
Lalu cari sesuai nama kontainer yang tadi diingat, lalu salin.

Ketikkan IP Address yang telah disalin tadi di web browser, dan pastikan tampilannya sesuai dengan script html yang sudah dibuat sebelumnya, hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker
Sampai disini kita sudah berhasil mengubah tampilan default web server pada docker, mudah kan sob ? Oh ya, pada tutorial selanjutnya kita akan belajar mengenal beberapa perintah dasar pada docker. Oke cukup sampai sini dulu untuk tutorial kali ini sob, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: