Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux

Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux - Interface TAP merupakan interface virtual yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan router yang dijalankan di GNS3 ke jaringan internet, fungsi interface TAP ini sama seperti interface loopback adapter di operating system berbasis Windows.

Sama halnya dengan interface loopback adapter di Windows, interface TAP juga tidak berbentuk secara fisik karena memang interface ini merupakan interface virtual. Untuk menghubungkan host / perangkat jaringan yang kita jalankan di network simulator GNS3 sebetulnya tidak harus menggunakan interface TAP, di GNS3 versi 2.0 keatas sudah ada built-in NAT sebagai alternatif dari interface loopback ini.
Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux
Image source : www.pixabay.com

Untuk pembahasannya insyaallah akan segera saya posting di blog ini, semantara kita lanjut dulu sob bahas interface TAP ini, pada tutorial sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara install interface loopback adapter di windows 7 dan juga cara menghubungkan router mikrotik di GNS3 ke jaringan internet pada sistem operasi windows, tutorialnya bisa sobat baca melalui link dibawah.

Silahkan dibaca :
Tutorial cara install loopback adapter di Windows 7
Tutorial cara menghubungkan router mikrotik di GNS3 ke jaringan internet

Kedua artikel yang sudah saya posting itu ditujukan untuk sobat pengguna operating system berbasis Windows, kalau ada yang bertanya kenapa kok artikelnya tidak dijadikan satu saja ? itu karena terlalu banyak screenshoot apabila harus saya jadikan satu artikel sob.

Cara Install Interface TAP di Linux

Kembali ke topik pembahasan, agar kita bisa menghubungkan router yang dijalankan di GNS3 ke internet tentu saja kita harus menyiapkan interface loopbacknya terlebih dahulu, caranya cukup mudah sob, pertama kita install aplikasi TUN/TAP dengan mengetikkan perintah berikut.
$ sudo apt-get install uml-utilities
Kemudian kita buat / tambahkan interface TAP.
$ sudo tunctl -t tap0
Lalu beri alamat IP dan juga netmask untuk interface TAP yang sudah kita buat, alamat IP ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
$ sudo ifconfig tap0 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0 up
Aktifkan IPv4 forwarding agar dapat meneruskan packet dengan cara mengedit file sysctl.conf.
$ sudo nano /etc/sysctl.conf
Lalu cari kalimat berikut, tekan tombol CTRL + W di keyboard untuk memudahkan pencarian.
#net.ipv4.ip_forward=1
Hilangkan tanda pagar "#" didepan kalimat sehingga menjadi seperti ini.
net.ipv4.ip_forward=1
Kalau sudah, ketikkan perintah berikut.
$ sudo sysctl -p

Konfigurasi Firewall NAT Masquerade

Konfigurasi firewall NAT Masquerade dengan iptables pada file /etc/rc.local.
$ sudo nano /etc/rc.local
Lalu tambahkan rule NAT dibawah ini diatas baris perintah exit 0.
iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlp7s0 -j MASQUERADE
Untuk kata wlp7s0 yang saya tandai warna merah silahkan sobat sesuaikan dengan nama interface yang terhubung ke internet, wlp7s0 merupakan nama interface wireless di laptop saya yang menggunakan distro linux Ubuntu 16.04, kalau sobat menggunakan distro linux Ubuntu 14.04 kebawah nama interface wirelessnya biasanya yaitu wlan0 dan untuk interface LAN biasanya eth0, gunakan perintah ifconfig untuk mengecek nama interface di laptop sobat.

Agar interface TAP ini otomatis aktif ketika system direboot, maka kita perlu menambahkan konfigurasi khusus pada file /etc/rc.local. File rc.local ini merupakan file yang akan dibaca & dieksekusi setiap kali komputer melakukan booting.

Tambahkan konfigurasi berikut ini diatas baris perintah exit 0.
sudo tunctl -t tap0
sudo ifconfig tap0 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0 up
iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlp7s0 -j MASQUERADE
Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat contoh gambar dibawah.

Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux

Lalu simpan file rc.local yang sudah kita modifikasi dengan menekan tombol kombinasi CTRL + X pada keyboard lalu tekan lagi tombol Y

Reboot komputer, setelah nyala coba cek apakah interface TAP yang baru saja kita tambahkan sudah berhasil dibuat atau belum dengan mengetikkan perintah ifconfig melalui console terminal.

Apabila hasilnya seperti ini berarti kita sudah berhasil.

Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux

Sekarang kita sudah bisa menghubungkan router yang dijalankan di aplikasi GNS3 ke jaringan internet menggunakan interface TAP di Linux, lalu seperti apa implementasi dari interface TAP ini pada network simulator GNS3 ?

Jangan kuatir sob, untuk tutorialnya sendiri akan saya posting setelah ini, jadi pastikan sobat sudah berlangganan artikel blog dodiventuraz.net melalui surel / email agar tidak ketinggalan setiap kali kami update artikel.

Demikian Tutorial cara install interface loopback TAP di GNU/Linux, semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates: