Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email - Backup konfigurasi mikrotik merupakan salah satu cara untuk mengamankan konfigurasi yang ada di dalam router, backup konfigurasi router sangat penting sekali dan tidak bisa diabaikan begitu saja oleh seorang network administrator / network engineer.

Hal ini berguna sebagai langkah antisipasi manakala suatu saat router mengalami malfunction seperti perangkat rusak secara fisik, konfigurasi router ter-reset, maupun lupa password login ke dalam router yang mengharuskan router direset atau netinstall. Apabila terjadi hal-hal seperti itu sebetulnya bisa saja kita melakukan konfigurasi ulang pada router, namun akan sangat merepotkan ketika konfigurasi di dalam router sudah sangat banyak dan kompleks, terlebih router tersebut merupakan router utama yang menghandle jaringan yang cukup banyak.

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Sebagai contoh, misalnya saja kita punya satu buah router mikrotik RB1100ahx2 yang berfungsi sebagai core router yang menangani jaringan di dalam 1 gedung apartemen. Lalu tiba-tiba router tersebut mengalami kerusakan secara fisik yang mengharuskan router tersebut direplace dengan router baru, bisa sobat bayangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses recovery apabila kita harus melakukan konfigurasi ulang secara manual ?

Tentunya akan memakan waktu lama sampai network benar-benar pulih seperti sebelumnya. Nah, disinilah fungsi backup konfigurasi router diperlukan, dengan adanya backup konfigurasi maka kita hanya perlu mengupload file backup tersebut ke dalam router lalu me-restorenya, dalam waktu 5 menit saja router baru sudah siap digunakan untuk menggantikan router sebelumnya yang rusak.

Cara Backup Mikrotik Otomatis Dan Dikirim via Email

Pada kesempatan ini saya akan membahas tutorial cara backup konfigurasi router mikrotik secara otomatis dan dikirim melalui email secara berkala dengan cara yang paling mudah dan simple, untuk melalukan backup mikrotik otomatis dan dikirim via email ini kita bisa menggunakan script dan juga scheduler.

Namun sebelumnya pastikan pengaturan waktu dan tanggal pada router sudah sesuai, kalau belum sesuai silahkan ikuti tutorial cara mengatur waktu dan tanggal pada router mikrotik.

Lanjut, agar router nantinya bisa mengirimkan file backup melalui email, tentunya kita harus mengkonfigurasi router agar bisa mengirimkan email menggunakan akun Gmail, caranya klik menu Tools -> Email, lakukan konfigurasi seperti contoh gambar dibawah.

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Untuk lebih jelasnya mengenai konfigurasi email di router mikrotik, sobat bisa mengikuti tutorialnya yang sudah saya posting di blog ini, baca : tutorial cara konfigurasi email di router mikrotik

Kemudian kita buat script agar router mikrotik bisa membuat file backup secara otomatis dan dikirimkan melalui email, caranya klik menu System -> Scripts -> lalu klik tombol add (+), silahkan lihat gambar dibawah.

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Lalu beri nama mikrotik-autobackup pada kolom Name, pemberian nama script ini bebas ya sob silahkan sesuaikan dengan keinginan, kemudian pada kolom Source isikan script dibawah ini.

/system backup save name="router-dodiventuraz"

/tool e-mail send to="email_tujuan@yahoo.com" subject="Backup Router dodiventuraz" body="File backup ini dikirim secara otomatis via email" file="router-dodiventuraz.backup" start-tls=yes

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Dengan script diatas router mikrotik akan men-generate file bernama router-dodiventuraz.backup yang bisa sobat temukan di menu Files, seperti kita ketahui, file hasil backup ini hanya bisa direstore pada router yang memiliki tipe yang sama.

Apabila sobat me-restorenya di router yang berbeda, misalnya saja file hasil backup dari router RB1100ahx2 lalu sobat restore di router RB750, maka tidak akan bisa direstore karena jumlah interfacenya berbeda, solusinya yaitu dengan cara export, file hasil export akan berekstensi .rsc yang bisa diedit menggunakan teks editor, perbedaan antara backup - restore dengan export - import sudah saya jelaskan di artikel ini -> Cara export import konfigurasi router mikrotik.

Agar file backup yang dikirimkan melalui email ini yaitu file beresktensi .rsc, sobat bisa pakai script  ini.

/export file="router-dodiventuraz"

/tool e-mail send to="email_tujuan@yahoo.com" subject="Backup Router dodiventuraz" body="File backup ini dikirim secara otomatis via email" file="router-dodiventuraz.rsc" start-tls=yes

Kalau script yang baru saja dibuat dijalankan, maka router akan men-generate file backup lalu mengirimkannya melalui email, namun script tersebut harus dijalankan secara manual, agar script tersebut bisa dijalankan oleh router secara otomatis dan berkala, maka kita harus membuat scheduler atau penjadwalan.

Caranya klik menu System -> Scheduler, klik tombol add (+) untuk membuat schedule baru, kemudian berikan nama schedule pada kolom Name, nama schedule ini bisa disamakan dengan nama script atau dibedakan. Selain nama schedule, ada beberapa parameter yang perlu dikonfigurasi, diantaranya yaitu :

Start Date : Tanggal kapan schedule ini akan dijalankan
Start Time : Waktu atau jam berapa schedule ini akan dijalankan
Interval : Yaitu pengulangan kapan schedule ini akan dijalankan kembali
On Event : Isi sesuai dengan nama script yang akan dijalankan

Kalau sudah, klik tombol Apply dan OK.

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Schedule yang baru saja dibuat akan mulai dijalankan pada tanggal 15 Juli 2018 pukul 17:00, karena intervalnya ditentukan selama 7 hari, maka schedule akan dijalankan kembali pada tanggal 22 Juli 2018, bisa sobat lihat pada kolom Next Run.

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Kalau tidak ada konfigurasi yang salah, maka router akan otomatis mengirimkan file backup melalui email ke alamat email tujuan, silahkan cek inbox email sobat, berikut hasilnya.

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Cara Mengirim File Backup Mikrotik Secara Otomatis via Email

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan backup konfigurasi router secara berkala yang dikirimkan melalui email, dengan begitu sobat tidak perlu kuatir lagi apabila router mengalami malfunction yang disebabkan karena kerusakan hardware, maupun karena error yang lainnya.

Selain itu, dengan backup secara berkala juga memungkinkan konfigurasi router yang dibackup akan selalu up to date karena kita bisa menentukan interval untuk router melakukan backup konfigurasi. Untuk me-restore konfigurasi router yang sudah dibackup caranya bisa sobat ikuti pada tutorial ini -> Cara backup dan restore konfigurasi router mikrotik.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: