4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membangun Website Untuk Bisnis Anda

Tips Sebelum Membangun Sebuah Website - Di era digital seperti sekarang ini, website merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki sebagai sarana untuk menunjang bisnis online maupun sebagai media informasi lainnya.

Website sudah lumrah digunakan baik oleh perusahaan, organisasi, maupun perorangan untuk berbagai tujuan dan kegiatan. Misalnya saja pada sebuah kampus, website digunakan sebagai portal informasi mengenai profile kampus maupun untuk kegiatan e-Learning.

4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membangun Sebuah Website Untuk Bisnis Anda
Credit : www.pixabay.com

Begitu juga untuk anda yang menjalankan bisnis secara online, website sangat penting sekali untuk anda miliki, namun sayangnya banyak orang yang belum memahami apa yang sebaiknya harus diperhatikan dan disiapkan sebelum membuat website.

Website identik dengan nama domain, misalnya saja www.dodiventuraz.net. Memang tidak sepenuhnya salah, kerena dengan hanya bermodalkan nama domain saja kita sudah bisa membuat website yang dapat online 24 jam, untuk menampung file websitenya anda bisa memanfaatkan hosting gratisan dari blogger maupun wordpress.

Namun website yang dihasilkan hanya berupa website statis saja, yaitu website yang hanya bisa menampilkan informasi visual berupa tulisan, foto maupun video. Website seperti ini tidak cocok digunakan oleh anda yang ingin membuat website untuk kegiatan bisnis online seperti e-commerce atau online store.

Untuk membuat website yang dapat menunjang kegiatan bisnis anda, maka selain harus menyiapkan nama domain, anda juga harus menyiapkan web hosting yang akan dipakai sebagai "rumah" web online anda.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Website

Berikut adalah faktor yang harus anda perhatikan dan siapkan sebelum membangun sebuah website, tujuannya agar website yang dibangun bisa digunakan sesuai fungsi dan juga kebutuhan.

#1. Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah server komputer baik itu server website maupun server lainnya, misalnya email dan lain-lain yang ada di Internet. 

Tanpa domain, maka kita harus mengetikkan alamat IP pada URL bar browser, tentu saja hal itu akan sangat menyulitkan karena alamat IP cukup sulit untuk diingat oleh pengunjung.

Nama domain sebuah website terdiri dari 2 faktor penting, yaitu nama domain itu sendiri dan juga ekstensi domain. Misalnya saja nama domain dodiventuraz.net, terdiri dari nama domain (dodiventuraz) dan juga ekstensi domain (.net).

Ekstensi domain yang ada di Internet dibagi menjadi 3 jenis, yaitu : 

A. TLD (Top Level Domain)
Domain TLD merupakan domain yang paling banyak digunakan dan merupakan domain populer di internet, contohnya adalah .com, .org, .net, dan lain-lain, 

B. gTLD (Generic Top Level Domain)
Domain gTLD pada dasarnya hampir sama dengan domain TLD, hanya saja penggunaan domain gTLD ini lebih spesifik, misalnya .sch untuk sekolah, .org untuk organisasi, .gov untuk goverment atau pemerintah dan masih banyak lagi.

B. ccTLD (Country Code Top Level Domain) 
Domain jenis ini terdiri dari 2 huruf dan diatur berdasarkan masing-masing negara, misalnya .id (Indonesia), .sg (Singapore), .uk (United Kingdom) dan lain-lain.

Untuk mendapatkan nama domain, maka kita harus menyewanya ke pihak domain registrar, di Indonesia sendiri cukup banyak provider domain registrar, misalnya saja Hostinger Indonesia dan masih banyak lagi.

Pemilihan nama domain juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis usaha anda, ini dimaksudkan agar ada efek SEO ketika pengungjung mencari sebuah produk melalui search engine. Selain itu, pemilihan nama domain yang tepat juga bisa sekaligus untuk branding produk yang anda jual.

#2. Hosting

Setelah menentukan nama domain yang akan digunakan, anda juga harus menyiapkan hosting untuk file website anda, hosting bisa dianalogikan sebagai "rumah" untuk website anda di dunia maya / Internet.

Berikut adalah tips yang sebaiknya anda pertimbangkan ketika hendak membeli sebuah paket hosting, diantaranya yaitu :

A. Disk Space
ini penting karena semakin besar disk space maka akan semakin banyak juga data website yang dapat ditampung, selain mempertimbangkan space harddisk, pemilihan jenis harddisk juga penting, sebaiknya pilih spesifikasi paket hosting yang sudah menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya agar performa website lebih cepat.

B. Bandwidth
Carilah paket hosting yang menyediakan bandwith yang besar bahkan unlimited, tujuannya agar halaman website dapat dimuat (load) lebih cepat, hal ini perlu diperhatikan terlebih jika nantinya pengunjung website anda cukup ramai.

C. RAM 
RAM atau Random Access Memory, merupakan piranti keras yang bertugas sebagai media penyimpanan sementara pada sebuah komputer, semua proses yang sedang dijalankan akan ditampung pada RAM, untuk itu besaran RAM yang ditawarkan oleh provider hosting juga perlu jadi pertimbangan, sebaiknya disesuaikan juga dengan kebutuhan anda.

D. Jaminan Uptime
Uptime adalah waktu lamanya sebuah server berjalan,  layanan hosting terbaik adalah yang mampu memberikan jaminan uptime sampai 99,9%, ini berarti provider hosting menjamin bahwa website anda akan terus online selama 24 jam.

E. Layanan Support
Apa yang akan anda lakukan jika suatu saat website anda tidak dapat diakses ? menghubungi team support, bukan ? Lalu bagaimana jika team support slow respon ? 

Untuk itu, carilah provider hosting yang mampu melayani anda kapanpun jika suatu saat website anda tiba-tiba bermasalah.

F. Harga Terjangkau
Pepatah mengatakan, semakin mahal suatu produk, maka kualitasnya juga akan semakin baik. Pepatah tersebut memang tidak salah, tapi tidak 100% benar juga, karena faktanya banyak provider hosting yang menjual produknya dengan harga murah namun berkualitas.

Sebelum membangun sebuah website, sebaiknya kita mempertimbangkan bugdet yang tersedia dan juga kebutuhan, pilihlah paket hosting yang tidak terlalu menguras kantong namun masih sesuai dengan kebutuhan website kita.

Oh ya, berbicara mengenai bugdet, saya akan merekomendasikan promo paket hosting yang cukup menarik untuk anda, yaitu promo Diskon Black Friday Hostinger dari hosting provider Hostinger Indonesia, dimana saat ini sampai 11 hari kedepan sedang berlangsung promo dengan diskon sampai 90% ! Menarik bukan ?

#3. Konten dan Tampilan Website

Point ketiga ini merupakan yang paling penting, karena pengunjung yang mengunjungi website anda tujuannya sudah pasti untuk mencari informasi maupun tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

Buatlah konten se-menarik mungkin, konten yang dimaksud bisa berupa artikel tulisan yang dilengkapi dengan foto maupun video tentang suatu informasi yang hendak anda bagikan, maupun deskripsi produk yang anda jual di website anda.

Selain konten, tampilan website juga perlu diperhatikan, pakailah template yang user friendly dan juga mobile friendly. Maksudnya adalah, website anda harus bisa membuat nyaman pengunjung dan juga memiliki tampilan responsive yang bisa menyesuaikan ukuran sesuai dengan device yang dipakai oleh pengunjung.

#4. Search Engine Optimization (SEO)

Optimalkan website anda di SERP (Search Engine Result Page) dengan teknik SEO, tujuannya agar ketika pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu yang relevan dengan konten website anda, maka search engine akan mengindex halaman website anda di halaman pertama SERP.

Tentu anda tidak ingin website yang sudah anda bangun susah payah sepi pengunjung, bukan ? SEO bertujuan untuk meningkatkan rangking website, meningkatkan penjualan produk di website anda, dan juga bisa menekan biaya promosi.

Anda bisa melakukan teknik SEO Onpage dan juga SEO Offpage untuk website anda, artikel khusus pembahasan mengenai teknik SEO insyaallah akan saya posting di lain waktu.

Kesimpulan

Itulah 4 tips sederhana yang harus anda perhatikan sebelum membangun sebuah website, setelah membaca artikel ini, saya berharap anda sudah bisa membangun website yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang anda miliki.

Baca juga :
Tutorial Cara Install Web Server di Ubuntu 16.04

Demikian, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: