Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Tutorial Cara Blok Situs Pada Jam Tertentu di Mikrotik - Sebagai seorang admin jaringan, terkadang kita diminta oleh atasan untuk menerapkan suatu policy / aturan tertentu pada sebuah jaringan LAN (Local Area Network) seperti bandwidth management, hotspot, maupun content filtering.

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Content filtering yang dimaksud disini yaitu pembatasan akses ke situs-situs tertentu yang ada di internet (blocking), sebelumnya saya sudah membahas beberapa metode-metode content filtering yang bisa kita terapkan pada jaringan menggunakan router mikrotik, sobat bisa membacanya dengan mengklik tautan di bawah.

Baca juga : 
Cara blokir situs HTTPS di mikrotik dengan TLS-Host

Lalu pertanyaannya, bagimana caranya melakukan content filtering pada jam-jam tertentu dengan router mikrotik ? Misalnya saja atasan menginginkan agar pada jam kerja (pukul 08:00 - 12:00 & 13:00 - 17:00 WIB) karyawan tidak bisa mengakses situs facebook.com, sedangkan jam istirahat dan jam pulang karyawan dibolehkan mengakses situs facebook.

Skenario seperti ini biasanya diterapkan pada jaringan sebuah kantor, tujuannya agar karyawan bisa lebih fokus bekerja (bukan malah main sosmed). Untuk keperluan seperti ini kita bisa memakai salah satu metode yang sudah kita pelajari pada artikel sebelumnya ditambah dengan memanfaatkan fitur Time untuk menjalankan rule yang sudah dibuat secara terjadwal.

Blok Situs di Mikrotik Pada Jam Tertentu

Pada tutorial ini kita akan belajar bagaimana cara memblok facebook pada jam kerja yaitu dari pukul 08:00 - 12:00, situs facebook akan dibuka ketika jam istirahat, kemudian jam 13:00 s/d 17:00 situs facebook diblok kembali, kebijakan ini akan kita jalankan setiap hari (senin - sabtu) kecuali hari minggu.

Untuk metodenya kita akan menggunakan parameter TLS-Host yang biasa dipakai untuk melakukan pemblokiran situs HTTPS. Caranya buka winbox, klik menu IP -> Firewall -> Filter Rules, kemudian klik tombol Add (+) berwarna biru.
TLS-Host ini hanya bisa dipakai untuk memblok satu situs saja, jika ada banyak situs yang ingin diblok, maka kita harus membuat banyak rule filternya juga, solusinya jika sobat ingin memblok banyak website sekaligus bisa menggunakan Layer 7 Protocols.
Akan muncul jendela New Firewall Rule seperti gambar di bawah ini, pada tab General ada beberapa parameter yang akan kita konfigurasi, yaitu sbb :
Chain : forward
Protocol : tcp
Dst. Port : 443 (port https)
Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Setelah itu klik tab Advanced, pada kolom TLS-Host ketikkan *facebook.com*, silahkan diganti dengan domain situs yang ingin diblok.

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Setelah itu klik tab Extra, karena kita akan menjalankan rule filter ini secara terjadwal, maka kita bisa memanfaatkan paramter Time, disini kita bisa menentukan jam berapa rule ini akan dijalankan dan hari apa saja rule ini akan dijalankan secara otomatis.
FYI, agar rule yang dibuat bisa berjalan sesuai dengan waktu yang sebenarnya, maka kita wajib untuk melakukan konfigurasi NTP Client, tujuannya agar router bisa sinkronisasi waktu dan tanggal ke NTP Server.
Baca juga : Cara setting tanggal dan waktu di router mikrotik

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti sesuai contoh pada gambar di bawah ini.

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Dari contoh gambar di atas, bisa dilihat bahwa rule ini akan berjalan dari pukul 08:00 s/d 12:00 WIB, dan rule akan dijalankan setiap hari (senin - sabtu) kecuali hari minggu.

Terakhir klik tab Action lalu pada kolom action pilih drop. Fungsi dari action drop ini yaitu untuk mendrop (membuang) setiap koneksi yang melewati router dengan tujuan facebook.com pada waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan parameter Time.

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Sampai disini kita sudah berhasil membuat rule filter untuk memblok situs facebook dari pukul 08:00 - 12:00, rule ini akan bekerja sesuai dengan waktu yang sudah kita tentukan, dan di luar waktu tersebut maka rule filter ini akan inactive (non-aktif).

Kemudian kita buat lagi satu rule filter untuk memblok situs facebook dari pukul 13:00 - 17:00 WIB. Caranya masih sama seperti langkah-langkah di atas, yang membedakan hanyalah penentuan waktu pada parameter Time saja (lihat gambar di bawah).

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Jika kedua rule filter sudah kita buat, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Kok rule filternya merah dan ada tulisan inactive time? Jangan-jangan konfigurasinya salah ya gan ? Bukan salah, tapi karena saya buat tutorial ini malam hari, hehee ..

Berikut ini penampakan dari rule filter yang sudah berjalan (lihat gambar di bawah). Bisa di lihat bahwa rule filternya tidak aktif secara bersamaan, melainkan hanya aktif pada jam-jam yang sudah di tentukan saja.

Inactive time menandakan bahwa rule tersebut sedang idle dan akan hilang jika rule tersebut sedang aktif, kurang lebih begitulah cara kerjanya.

Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik
Cara Blokir Situs Pada Jam Tertentu di Router Mikrotik

Cukup sekian tutorial Cara blokir situs pada jam-jam tertentu menggunakan router mikrotik yang bisa saya share kali ini, mohon dimaafkan jika ada penjelasan yang keliru maupun susah dipahami, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ya sob.

Seperti biasa, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel