Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa VPN - Akhir-akhir ini warganet sedang heboh dengan aplikasi VPN. Pasalnya, pemerintah melakukan pembatasan akses terhadap situs social media dan juga messaging apps, dengan pembatasan ini, kita sebagai pengguna untuk sementara tidak bisa mengakses konten berupa foto dan video baik itu di platform facebook, instagram maupun whatsapp.

Tujuan dari pembatasan akses ini (baca : blokir), yaitu untuk mengurangi penyebaran konten hoax berupa foto dan video yang dibagikan melalui facebook, whatsapp dan sejenisnya.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare
Source : pixabay.com

Dampak dari pembatasan akses ini tentu saja kita akan sedikit terganggu, apalagi jika kita menggunakan sosmed untuk keperluan bisnis online dan pekerjaan, lalu gimana solusinya?

Solusinya kita bisa pakai aplikasi VPN (Virtual Private Network) baik yang gratisan maupun premium yang bisa diunduh melalui play store. Selain VPN, alternatif lain yang bisa dicoba yaitu dengan memanfaatkan fitur Private DNS yang bisa disetting melalui menu pengaturan network di Android.

Cara Setting Private DNS di Android Pie

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial cara setting Private DNS pada Android yang tujuannya tentu saja agar situs yang diblokir bisa kita akses dengan mudah.

Namun perlu diketahui, fitur Private DNS ini hanya tersedia untuk Android 9 (Pie) saja, jadi kalau teman-teman masih pakai Sistem Operasi Android Oreo silahkan diupgrade dulu ke Android Pie (kalau bisa).

Untuk mengkonfigurasi Private DNS caranya cukup mudah, silahkan masuk ke menu pengaturan / setelan / setting, lalu pilih Jaringan & internet.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare


Klik menu Lanjutan untuk menampilkan opsi Private DNS.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare

Lalu pilih DNS Pribadi / Private DNS.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare

Secara default, setingan Private DNS ini statusnya tidak aktif, untuk mengaktifkannya pilih Hostname penyedia DNS pribadi, lalu isikan alamat 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol simpan.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare

Sekarang kamu sudah bisa mengakses semua situs yang diblokir dengan mudah dan cepat. Dengan Private DNS ini, kita tidak perlu menginstall aplikasi third party melalui play store untuk mengakses situs yang diblokir.

Namun dengan syarat, Android di hp kamu sudah pakai versi yang paling baru yaitu Android 9 Pie. Demikian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat dan silahkan digunakan dengan bijak.

Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Private DNS Cloudflare"

Posting Komentar

Tata tertib berkomentar yang baik dan benar :

1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topic yang dibahas
2. Dilarang promosi baik berupa barang ataupun jasa
3. Dilarang berkomentar yang berbau sara, pornografi dan lain-lain
4. Dilarang menautkan link aktif
5. Yang mau blogwalking dilarang spam ex : nice info gan, thanks gan dll, karena tidak akan di respon
6. Kalau pakai browser chrome tidak bisa muncul kotak komentar coba beralih ke mozilla

Terimakasih sudah berkomentar :-)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel